Sabtu, 29 Maret 2014

Definisi dan Jenis-Jenis Komputasi Modern

KOMPUTASI MODERN

PARLIN ERWIN GUNAWAN
55410322
4IA15


ABSTRAKSI
Di zaman sekarang ini, perkembangan teknologi sangatlah pesat. Manusia dituntut untuk dapat menyelesaikan segala jenis masalah pada kehidupan sehari-hari dengan cepat dan efisien. Contoh masalah yang sering dihadapi berupa masalah sains, masalah matematika, maupun sosial. Untuk di bidang sains dan matematika, sangatlah dibutuhkan keberadaan komputer dan berbagai jenis algoritma komputer.

PENDAHULUAN

Hampir sebagian besar orang mengetahui apa itu komputer, lain hal nya dengan komputasi. Komputasi sendiri merupakan suatu cara yang dapat digunakan untuk menemukan sebuah solusi dari data yang telah kita input dengan menggunakan algoritma. Dan ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (atau dalam hal ini sains). Dalam penggunaan praktisnya, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
Sebelum kita masuk pada alat komputasi yang ada pada saat ini, ada lebih baiknya kita melihat contoh komputasi zaman dahulu. Hal ini dapat membantu kita untuk melihat perkembangan komputasi dari generasi ke generasi. Sebagai contoh, dahulu alat komputasi paling kuno adalah kertas, potlot dan karet penghapus. dari ketiga benda tersebut, orang melakukan proses-proses komputasi yang mudah hingga yang rumit dengan tiga benda sederhana ini. Akan tetapi, dengan munculnya alat-alat komputasi yang tersusun dari komponen-komponen elektro; seperti kalkulator dan mesin hitung lainnya, hal-hal komputasi yang rumit akan menjadi lebih sederhana dan memudahkan kita dalam mengerjakan suatu proses perhitungan.

METODE PENELITIAN

Pada metode penelitian yang digunakan memiliki beberapa tahapan, yaitu tahapan pertama adalah dengan melakukan studi pustaka untuk mencari literatur yang berkaitan dengan komputasi modern. Tahapan selanjutnya adalah observasi terhadap salah satu contoh jenis komputasi modern, yaitu Cloud Computing. Dan tahap terakhir adalah melakukan analisa dari mendokumentasikan segala jenis observasi dan studi pustaka yang telah ditemukan.

PEMBAHASAN

Definisi
Komputasi modern terdiri dari dua kata yaitu komputasi dan modern. Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Komputasi merupakan subbagian dari matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental dan kadang-kadang menggunakan tabel. Disebut modern karena menggunakan alat canggih saat menyelesaian masalah. Maka dapat di simpulkan Komputasi modern adalah perhitungan yang menggunakan computer canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien. Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah antara lain untuk menghitung.

Sejarah
Dalam perkembangan komputasi modern, kita tidak bisa melupakan begitu saja orang dibalik perkembangan komputasi modern yang merubah semua pekerjaan jadi lebih mudah. Sejarah komputasi dimulai dari seseorang ilmuan yang ternama di bidang teknologi. Permulaan komputasi modern dimulai pada saat tahun 1926 oleh ilmuan yang berasal dari hungaria yang bernama John Von Neumann. Von Neumann seorang ilmuan yang belajar dari Berlin dan Zurich dan mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun yang sama dia mendapatkan gelar doktor pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Berkat keahlian dan kepiawaiannya Von Neumann dalam bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya. Setelah mengajar di Berlin dan Hamburg, Von Neumann pindah ke Amerika pada tahun 1930 dan bekerja di Universitas Princeton serta menjadi salah satu pendiri Institute for Advanced Studies. Dipicu ketertarikannya pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Sebagai konsultan pada pengembangan ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori. berdasarkan beberapa definisi di atas, maka komputasi modern dapat diartikan sebagai suatu pemecahan masalah berdasarkan suatu inputan dengan menggunakan algoritma dimana penerapannya menggunakan berbagai teknologi yang telah berkembang seperti komputer.

Jenis-Jenis Komputasi Modern
Jenis-jenis komputasi modern ada 3 macam, yaitu:
1.  Mobile Computing atau Komputasi Bergerak
Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.

2.  Grid Computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelesaikan masalah kmputasi dengan skala besar. 

Ada beberapa daftar yang dapat digunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah:
-    Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
-    Sistem mengguakan standar dan protokol yang terbuka
     -  Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen

         individu pelayanan komputasi grid.
3.  Cloud Computing Komputasi
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. 

Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet


KESIMPULAN DAN SARAN
Komputasi modern ini dapat membantu kita untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sangat kompleks dengan menggunakan komputer dilain sisi juga tidak hanya menghitung tapi dalam hal program dan jaringan dapat mengerjakan suatu masalah dengan cepat dan efisien jadi komputasi modern ini sangat membantu kita.

Proses pengimplementasian terhadap salah satu jenis Komputasi Modern yaitu aplikasi media penyimpanan online yang termasuk ke dalam jenis aplikasi Cloud Computing, pengguna memiliki fleksibilitas terhadap media penyimpanan. Tidak perlu membawa media penyimpanan kemanapun, cukup simpan pada aplikasi cloud jika dibutuhkan pengguna bisa mengunduhnya secara langsung. Namun kelemahannya, internet mempunyai peran vital pada proses pengoperasian aplikasi tersebut.

DAFTAR PUSTAKA
[1] Pengertian Komputasi Modern
      http://lutfieachmad10.blogspot.com/2013/04/komputasi-modern.html , diakses 30 maret 2014
[2] Sejarah komputasi modern
      http://gina-itsme.blogspot.com/2013/04/komputasi-modern.html , diakses 30 maret 2014
[3] Ayu.Jenis Komputasi Modern.

     http://ayumaniz.wordpress.com/2010/05/06/jenis-komputasi-modern/, Diakses 30 Maret 2014.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar